Pemeliharaan Rutin, Jalan Pemalang – Pekalongan Kondisi Mantap

0
358

Pekalongankota.or.id, PEKALONGAN – Tim Bina Marga Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PU-PR) wilayah 07 Pemalang – Pekalongan – Batang dan Plelen hingga kini terus melakukan pemeliharaan setiap hari atau preservasi. Terlebih sebulan lagi memasuki libur Natal dan jelang tahun baru. Sehingga pemeliharaan rutin jalan Pantura dikebut siang hingga malam.

“Sesuai dengan SOP, memang pemeliharaan jalan dilakukan setiap hari dalam waktu 1 tahun, dan apabila menemukan lubang di jalan kita segera tutup (penambalanan),” ucap petugas PPK 07 wilayah Pemalang- Pekalongan- Batang dan Plelen, Januar Fajar Rinaldhi, Kamis 22 Novber 2018.

Ia menambahkan, pemeliharaan rutin jalan sepanjang 96,3 kilometer (km) mulai dari Pemalang hingga Plelen yang dilakukan selama ini sudah berjalan sesuai ketentuan.

“Kalau pemeliharaan sudah baik maka otomatis jalan kita rusaknya lambat. Saat ini perbaikan mayor. Sedangkan (rekon dan rehab) masih menunggu lelang,” jelasnya.

Rencananya, kata dia, kontrak paket pekerjaan peningkatan jalan akan dilakukan awal Desember 2018 yang bersumber dari APBN lebih dari Rp 100 miliar dengan kontrak multiyears. “Jadi saat ini sambil menunggu kontrak, kami terus melakukan pemeliharaan rutin transisi. Di antaranya, perbaikan jalan (patching) sepanjang 96,3 KM dari Pemalang- Plelen, pengecatan median, pengecatan marka jalan. Dan perbaikan expantion joint jembatan (sambungan jalan jembatan),” ungkapnya.

Januar menyebut, jika kondisi jalan saat ini mulai dari Pemalang – Pekalongan sampai saat ini kondisi mantap. “Maksud dari kondisi mantap itu, jalannya baik dan sedang sekitar 94 persen. Karena setiap hari kami terus dan selalu melakukan pemeliharaan/perbaikan sepanjang 96 KM,” ungkapnya.

Memasuki minggu ketiga bulan November ini, lanjut dia, pemeliharaan rutin di beberapa titik sebagai konsen perbaikan Bina Marga. Yakni, untuk jalan yang alur (bleding) di antaranya di jalan Jenderal Sudirman Batang, Jalan Mansyur Pekalongan, Jalan Pantura Petarukan, dan jalan lingkar Pemalang.

“Saat ini masih dalam proses perbaikan. Dan juga kami dapat meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pengguna jalan,” pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here