Sebanyak 8 PNS Terima SK Pensiun Periode 1 Maret

0
134

Pekalongankota.or.id, Sebanyak 8 Pegawai Negeri Sipil (PNS) di lingkungan Pemerintah Kota Pekalongan(Pemkot) yang memasuki masa purna tugas per 1 Maret 2019 menerima Surat Keputusan (SK) Pensiun yang diserahkan langsung secara simbolis oleh Walikota Pekalongan, Saelany Machfudz dalam apel pagi di Halaman Setda Kota Pekalongan, Rabu (27/02/2019).

Hadir dalam kesempatan ini Walikota Pekalongan, Saelany Machfudz, Sekretaris Daerah Kota Pekalongan, Sri Ruminingsih, Kepala Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Daerah (BKPPD) Kota Pekalongan, Budiyanto, Kepala Taspen Kota Pekalongan, Kartiman Slamet, jajaran OPD di lingkungan Pemerintah Kota Pekalongan, dan penerima SK Pensiun.

Walikota Pekalongan dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada PNS yang memasuki masa purna tugas karena telah menyelesaikan tugas mengabdi kepada Kota Pekalongan.

“Kami ucapkan selamat dan terimakasih atas kerjasama yang selama ini telah dilakukan Bapak-Ibu dalam rangka mengabdi kepada Pemerintah Kota Pekalongan. Semoga amal kebaikannya diterima oleh Allah S.W.T. dan diridhoi langkah dan upaya kita bersama,” ucap Saelany.

Lebih lanjut, Saelany menuturkan untuk penerima SK Pensiun masa purna tugas untuk senantiasa mengabdi dirinya kepada masyarakat dan negara. Untuk itu, diharapkan melakukan aktivitas-aktivitas yang bermanfaat,

“Saya berpesan mereka kembali ke keluarga dengan penuh waktu yang panjang, kembali ke masyarakatnya mudah-mudahan mereka bisa beraktivitas, punya waktu untuk mengabdi di lingkungannya seperti menjadi RT/RW, aktif di organisasi sosial atau keagamaan, berbagai kegiatan di masyarakat. Saya memang sangat berpesan kepada mereka bahwa uang yang mereka terima tadi manfaatkan dengan sebaik-baiknya. Jangan tergiur dengan iming-iming investasi yang sekarang ini luar biasa baik yang melalui online maupun offline. Jangan sampai gagal mengelola uang yang diterimakan. Silahkan mau berwirausaha tetapi mereka harus senantiasa berhati-hati.,” tutur Saelany.

Ditambahkan Kepala BKPPD Kota Pekalongan, Budiyanto, penyerahan SK ini sebagai bentuk penghargaan dan ucapan terimakasih dari Pemkot Pekalongan. Selama suatu bentuk komitmen pemerintah dalam hal pemberian layanan penatausahaan kepegawaian tanpa dipungut biaya, yang ini merupakan wujud tranparansi dari pemerintah. Budiyanto mengutarakan, total PNS di lingkungan Pemkot Pekalongan yang memasuki masa purna tugas dari tahun 2019 mencapai hampir 100 orang PNS, dengan demikian menambah kekosongan yang dalam setiap jabatan dan posisi yang ditinggalkan.

“Tahun 2019 hampir 100 orang, dari Januari 2019 sampai nanti Desember, karena per bulan tanggal kelahiran, sehingga kita keluarkan per tanggal 1. Masing-masing bulan jumlahnya berbeda. Jumlah PNS yang menerima SK Pensiun hari ini ada 8 orang, yakni 5 PNS, yang 3 itu janda duda artinya yang suaminya meninggal yang dapat istrinya, istrinya yang meninggal berstatus PNS yang dapat suaminya. Satu diantaranya mengajukan pensiun dini dikarenakan pertimbangan tertentu. Jadi memang lama-kelamaan habis ya ASN kita, nanti mudah-mudahan dapat formasi lebih banyak lagi lewat P3K dan CPNS tahun ini untuk mengisi kekosongan ASN di lingkungan Pemkot Pekalongan,” terang Budiyanto.

Sementara itu, Kepala PT Taspen Kota Pekalongan, Kartiman Slamet, mengungkapkan PT Taspen memberikan layanan klaim otomatis kepada para PNS yang memasuki purna tugas, sehingga mereka tidak perlu langsung ke Bank. PT Taspen sebagai BUMN yang bergerak dalam penyelenggaraan Jaminan Sosial bagi seluruh ASN, lanjutnya, telah melakukan berbagai terobosan demi meningkatkan pelayanan yang memuaskan bagi seluruh ASN.

“Hari ini kita menyerahkan klaim otomatis. Peserta yang pensiun ini istilahnya tinggal duduk manis di rumah, tanggal 1 sudah ada transfer dari Taspen. Jadi ini memang paradigma baru yang kami kembangkan berkat kerjasama kami dengan Pemerintah Daerah khususnya BKPPD dan Keuangan. Kita bersinergi dengan memberi klaim otomatis sehingga memberikan kenyamanan dan sebagai bentuk dari kemudahan pelayanan Taspen,” jelas Kartiman.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here