4 Tips Menyimpan Makanan di Kulkas sebelum Mudik

0
251

pekalongankota.or.id, PEKALONGAN – Ada banyak makanan sisa dan bahan makanan di dapur yang belum sempat diolah. Tapi pada saat yang sama sudah harus berangkat mudik. Di situasi seperti ini, menyimpan semua makanan di kulkas menjadi solusi terbaiknya.

Agar makanan dan bahan makanan tidak mudah busuk saat disimpan dalam kulkas selama kita tinggal mudik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Selengkapnya, simak tipsnya di sini, ya.

1. Aneka Daging Disimpan dalam Wadah Tertutup

Ada daging ayam atau daging sapi yang belum sempat diolah? Kita bisa menyimpannya dalam wadah tertutup atau bungsung dengan plastic wrap dan dibalut dengan aluminium foil. Bisa disimpan di dalam freezer untuk mencegah penyebaran bakteri.

2. Sayur dan Buah Disimpan dalam Wadah Terpisah

Ragam jenis buah-buahan dan sayuran menghasilkan gas yang berbeda-beda. Agar kualitasnya terjaga dan tidak mudah busuk, simpan sayur dan buah dalam wadah terpisah, ya. Buang bagian buah atau sayur yang sudah busuk agar tidak memengaruhi buah dan sayur yang kondisinya masih bagus.

3. Simpan Sisa Makanan di Wadah Kedap Udara

Jika ada sisa makanan yang masih mungkin akan bertahan sampai kita kembali pulang mudik, kita bisa menyimpannya di wadah kedap udara. Simpan dalam wadah anti bocor. Disarankan untuk memilih wadah ukuran kecil agar sisa makanan bisa lebih awet dengan proses pendinginan yang lebih cepat.

4. Aneka Rempah dan Bumbu Disimpan dengan Bungkus Koran atau Plastik

Agar aroma menyengat bawang tidak memengaruhi kualitas rasa dan aroma bahan makanan yang lain, coba bungkus dengan koran atau plastik. Aneka rempah juga bisa dibungkus dengan kertas koran terlebih dahulu sebelum disimpan.

Kita juga bisa memberi tanda atau menuliskan tanggal pada masing-masing wadah penyimpanan. Tanggal kita menyimpannya atau tanggal kedaluwarsa produk yang kita beli. Semoga perjalanan mudik jadi lebih tenang dengan cara menyimpan makanan yang benar di kulkas, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here