5 Tips Agar Daging Rendang Bisa Cepat Empuk

0
191

pekalongankota.or.id, PEKALONGAN – Membuat rendang memang butuh proses yang cukup panjang. Untuk membuat rendang yang enak pun, kita perlu menggunakan bumbu-bumbu yang pas. Tak hanya itu saja, daging yang digunakan juga perlu disiapkan dengan baik agar empuk dan tidak alot.

Agar daging rendang cepat empuk, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan. Bila selama ini sering memasak rendang tapi dagingnya selalu alot, mungkin kita melewatkan hal-hal berikut ini. Langsung saja simak di sini, ya.

1. Pilih Daging Bagian Paha

Daging bagian paha cocok diolah menjadi rendang karena teksturnya kuat dan tidak mudah hancur. Selain itu, buang juga bagian lemak daging supaya nantinya ketika diolah menjadi rendang tidak alot.

2. Potong Searah dengan Serat Daging yang Panjang

Ukuran daging jangan terlalu kecil atau terlalu besar. Potong daging dengan tepat searah dengan serat daging yang panjang. Meski mungkin hal ini tampak sepele, tapi bisa cukup berpengaruh terhadap teksturnya ketika dimasak. Bila daging dipotong tidak searah seratnya, maka nanti ketika diolah jadi agak alot.

3. Lumuri Daging dengan Jahe Parut

Jahe parut bisa disiapkan untuk melumuri daging yang akan diolah untuk menjadi rendang. Diamkan daging yang sudah dilumuri dengan jahe parut selama beberapa menit sebelum diolah. Selain menggunakan jahe parut, kita juga bisa menggunakan nanas parut. Dengan cara ini, kita bisa mendapatkan daging yang lebih empuk saat diolah.

4. Daging Dipukul-pukul Terlebih Dahulu

Daging bisa kita pukul-pukul sedikit agar bumbu mudah meresap. Tidak perlu membuat daging sampai terlalu pipih atau hancur.

5. Daging Baru Dimasukkan setelah Bumbu Dimasak

Metode ini bisa dicoba bila ingin mendapatkan bentuk daging yang utuh. Jadi, kita bisa memasak bumbunya terlebih dahulu selama sekitar 3 jam. Setelah itu, kita baru bisa memasukkan potongan daging. Kemudian, baru kita masak sampai rendang benar-benar empuk dan matang.

Itu tadi beberapa tips yang bisa dicoba untuk membuat daging rendang yang empuk. Semoga tipsnya bermanfaat, ya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here