Melintasi Pantura, Jangan Lupa Mampir Cicip Sego Megono dan Tauto Pekalongan

0
96

pekalongankota.or.id, PEKALONGAN – Pergi ke Jawa Tengah? Anda bisa mampir ke kota Pekalongan. Di tempat ini ada sego megono hingga garang asem berkuah segar. Yuk, mampir!

Setelah melewati Pemalang, kini saatnya Anda memasuki daerah Pekalongan. Pekalongan menjadi salah satu kota batik yang terkenal. Kalau sedang pulang kampung ke Pekalongan atau melewati kota ini, Anda bisa melipir sebentar untuk cicip makanan enak.

Berikut ini beberapa makanan tradisional enak yang bisa Anda cicip saat berkunjung ke Pekalongan.

1. Nasi Megono Sego Rakyat Mbak Ibah

Sego atau nasi megono terdiri dari nasi yang disajikan dengan cincangan nangka muda dan parutan kelapa. Nasi megono biasa disajikan dengan beberapa lauk seperti ikan asin, labu siam rebus, tempe goreng hingga sambal.

Warung nasi megono ini termasuk kuliner yang legendaris dan sudah ada sejak tahun 1992. Dijual dengan harga terjangkau, seporsinya tak sampai lebih dari Rp 10 ribu.

Warung ini buka dari pukul 08.00 hingga 02.00 dini hari. Sedap!

Nasi Megono Sego Rakyat Mbak Ibah
Jl. Teratai No.81, Poncol,
Kota Pekalongan
Telp: 0815 7848 8385

2. Garang Asem H. Masduki

Anda termasuk salah satu yang suka dengan sajian kuah segar? Mampir saja ke sini kalau sedang melewati pekalongan. Berbeda dengan garang asem Solo, di Pekalongan garang asem disajikan tanpa daun pisang melainkan ditaruh dalam mangkuk. Kuahnya yang berwarna kecokelatan dicampur dengan potongan tomat hijau dan cabai rawit serta daging sapi empuk. Bisa juga ditambahkan dengan telur pindang.

Rasanya gurih segar, semakin enak disajikan bersama dengan nasi megono. Slurp! Disantap hangat, semangkuk garang asemnya mampu memberikan sensasi rasa hangat ke tubuh.

Garang Asem H. Masduki
Jl. Jenderal Sudirman No. 169
Pekalongan

3. Sop Buntut Bu Leman

Pernah disambangi Ganjar Pranowo, rumah makan sop buntut ini memang yang paling terkenal di Pekalongan. Sop buntut hingga iga bakar racikan bu Leman ini sangat enak. Kalau melewati Pekalongan jangan lupa ke sini mampir yuk. 

Ada banyak variasi sop yang dijual seperti sop buntut kuah, sop buntut goreng, sop iga, sop iga bakar hingga iga goreng dan sayur asem.

Kuah kaldu yang gurih dengan campuran buntut yang empuk sangat enak disantap saat berbuka atau malam hari. Selain itu, Anda juga bisa mencoba buntut goreng yang dipadu dengan kuah kaldu sop yang gurih sedap, enak dipadu dengan nasi hangat. 

RM. Sop Buntut Bu Leman
Jl. Dr. Wahidin No. 91 D
Noyontaan, Pekalongan

4. Warung Soto Bang Dul

Bila pergi melewati Pekalongan, Anda bisa mampir ke Warung Soto milik Bang Dul. Tauto jadi salah satu menu yang selalu dipesan para pengunjung kota ini. Soto dengan paduan tauco khas Pekalongan ini wajib dicicipi.

Soto tauto ini berisi bihun, tauge dan irisan kol yang dicampur dengan jerohan sapi. Selain itu ada pilihan lain seperti daging ayam dan daging sapi. Enak disantap dengan nasi dan kerupuk kulit.

Warung Soto Bang Dul
Jl. Doktor Sutomo
Gamer, Pekalongan Timur
Telp: 085842387373

5. Nasi Uwet H. Zarkasi

Menu ini jadi salah satu menu unik yang wajib Anda cicip saat berada di Pekalongan. Nasi uwet merupakan nasi yang dipadu dengan olahan daging kambing dengan dipadu aneka rempah serta kuah gurih membuat sajian ini jadi favorit. Walaupun berwarna kecokelatan, akan tetapi kuah pada nasi uwet tidak dibuat dengan santan.

Nasi Uwet H. Zarkasi ini adalah yang paling terkenal di Pekalongan. Nasi yang dipadu dengan olahan daging kambing ini sebenarnya adalah nasi megono dengan tambahan cincangan nangka.

Nasi Uwet H. Zarkasi
Jl. Sulawesi No. 25
Bendan Kergon, Pekalongan Barat

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here