Dinhub Usulkan Penambahan CCTV ATCS Sepanjang Ruas Jalan Kota

0
150

pekalongankota.or.id, PEKALONGAN – Untuk memantau kondisi arus lalu lintas di Kota Pekalongan, Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Perhubungan (Dinhub) setempat berencana akan mengusulkan pemasangan Closed Circuit Television (CCTV) ditambah. Hal tersebut disampaikan Kepala Dinhub Kota Pekalongan, Drs Slamet Prihantono MM usai kegiatan Forum LLAJ terkait Analisa dan Evaluasi Angkutan Lebaran Arus Mudik dan Arus Balik tahun 2019 di Aula Dinhub setempat belum lama ini.

“Kami akan mengusulkan semua alat yang ada di pantura termonitor lewat kamera ATCS karena belum semua penggal jalan termonitor lewat ATCS. Ini akan kita upayakan untuk pemasangan CCTV untuk mempercepat pemantauan kondisi lalu lintas,” ucap Totok.

Totok menerangkan, selama ini Area Traffic Control System (ATCS) yang dilengkapi CCTV baru dipasang di sepanjang jalur pantura. Sehingga, penambahan CCTV ini diperlukan dalam rangka memantau kondisi arus lalu lintas apabila terjadi kemacetan atau kejadian lalu lintas bisa terpantau.

“Ketika terjadi kemacetan, apa penyebabnya tidak bisa termonitor. Karena terkadang ada obil mogok, atau ada kecelakaan yang kejadiannya tidak tercakup dalam pantauan kamera ATCS. Jika semua penggal jalan dilengkapi kamera ATCS, maka setiap kondisi kemacetan dapat diketahui penyebabnya dan bisa segera diselesaikan,” jelas Totok.

Diungkapkan Totok, penambahan CCTV ini guna mempersiapkan momen Lebaran tahun mendatang agar Kota Pekalongan bisa terbebas dari kemacetan khususnya pada saat arus mudik dan balik lebaran.

“Kami berharap ke depan semua ATCS bisa terconnect termasuk yang baru di Pasar Grosir Setono, dan semua ruas jalan terpantau lewat ATCS,” tandas Totok.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here