Dinkes Tekankan Pentingnya Imunisasi

0
216

pekalongankota.or.id, PEKALONGAN – Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS) 2019 di Kota Pekalongan akan digelar bulan September hingga November 2019 mendatang. Untuk menyukseskan program ini Dinas Kesehatan (Dinkes) Kota Pekalongan menekankan pentingnya imunisasi sebagai tindakan pencegahan penyakit menular, serta pertahanan dan perlindungan terbaik terhadap infeksi dan berbagai penyakit serius.

Pada rapat koordinasi BIAS Campak, DT, dan Td yang dilaksanakan di Ruang Kalijaga Setda Kota Pekalongan, Rabu (10/7/2019), Kepala Dinkes Kota Pekalongan, Slamet Budiyanto SKM MKes meminta jajaran Organisasi Perangkat Daerah (OPD), organisasi masyarakat (ormas), tokoh agama, tokoh masyarakat, dan perwakilan puskesmas untuk andil dalam menyukseskan BIAS 2019 ini. “Target nasional untuk BIAS yakni 98% dan Kota Pekalongan meraih 97,7%. Akan tetapi yang kami harapkan adalah partisipasi dan kesadaran untuk imunisasi. Tentu ini tak lepas dari peran orang tua untuk mendukung dan mendorong anak untuk imunisasi,” tandas Budi.

Dinkes Kota Pekalongan mendiseminasikan informasi pelaksanaan BIAS kepada lintas sektor, sekolah, SD/MI, tokoh agama, dan tokoh masyarakat agar masyarakat semakin menyadari pentingnya imunisasi. “Harapannya jumlah yang tidak mau diimunisasi semakin menurun koordinasi dan upaya-upaya yang akan kami lakukan ini untuk meningkatkan kesadaran masyarakat melakukan imunisasi,” ungkap Budi.

Masing-masing stakeholder terkait siap membantu melaksanakan perannya, mengajak masyarakat Kota Pekalongan untuk imunisasi, seperti halnya yang akan dilakukan oleh Muslimat dan Aisyiyah untuk mendorong sekolah dan para orang tua mengimunisasikan anak. Tujuannya penyelenggaraan imunisasi yakni utamanya mencegah dan menurunkan kesakitan, kecacatan, dan kematian akibat penyakit yang dapat dicegah dengan imunisasi (PD3I) dengan menggunakan vaksin seperti tuberculosis, difteri, pertusis, tetanus, polio, campak, hepatitis B, pneumonia, dan sebagainya.

Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Dinkes Kota Pekalongan, dr Indah Kurniati MKes menyampaikan bahwa BIAS 2019 ini akan dilaksanakan di 155 SD/MI/sederajat yakni 73 SD negeri, 80 SD/MI swasta, dan 2 SDLB. “Imunisasi campak menyasar murid kelas kelas 1 SD/MI/sederajat dan akan digelar bulan September 2019, kemudian imunisasi DT menyasar murid kelas 1 SD/MI yang akan dilaksanakan bulan November, dan imunisasi Td menyasar kelas 2 dan 5 SD/MI/sederajat yang akan digelar November,” papar Indah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here