Dorong KLA, DPMPPA bersama Fantatik Bentuk Forum Anak Kelurahan

0
230

pekalongankota.or.id, PEKALONGAN – Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan, Dan Perlindungan Anak senantiasa berkomitmen untuk mendorong terwujudnya Kota Layak Anak (KLA). Berbagai target dan indikator KLA terus digenjot dan dipersiapkan dengan baik. Sejalan dengan hal tersebut, Forum Anak Kot Batik (Fantatik) Pekalongan yang berada di bawah naungan DPMPPA setempat mengadakan Roadshow Fantatik ke sejumlah kelurahan-kelurahan. Salah satunya di Kelurahan Bandengan, Pekalongan Utara, Kamis siang (11/7/2019).

Plt. DPMPPA Kota Pekalongan melalui Kepala Seksi Perlindungan Anak, Endah Wulandari, S.Psi yang juga selaku pembina Forum Anak Kota mengungkapkan keberadaan Forum Anak harus dibentuk dari tingkat kelurahan agar bisa mengejar predikat Kota Layak Anak (KLA) predikat utama.

“Tiap kelurahan kita minta dibentuk. Sebenarnya sudah ada 16 kelurahan yang sudah di SK kan namun secara penguatan belum karena masih banyak anak-anak baru. Jadi melalui roadshow ini kelurahan yang belum terbentuk, kita minta dibentuk. Sedangkan yang telah terbentuk, kita maksimalkan peran mereka ke depan dan fungsinya seperti apa,” tutur Endah.

Endah meminta setiap kelurahan agar segera membentuk Forum Anak Kelurahan. Karena melalui forum ini bisa menjadi salah satu sarana untuk menangkal hal negatif yang dilakukan oleh anak dan remaja di Kota Pekalongan dan menjadi wadah bagi anak-anak dalam menyalurkan aspirasinya.

“Kami dari Forum Anak Kota dan pembina , kami berharap dari kelurahan ada tindaklanjut ke depam, kepengurusan Forum Anak kelurahan yang telah terbentuk tadi dapat mengajak teman seusianya untuk bergabung, berpikir bersama agar Forum Anak di kelurahan senantiasa aktif serta terlibat dalam berbagai aktivitas di masyarakat. Tadi kita sudah minta mereka bikin RTL nya. Tiap kelurahan biasanya berbeda. Setelah itu, bisa di SK kan lewat pejabat kelurahan,” papar Endah.

Lurah Bandengan, Maryoto mengapresiasi terbentuknya Forum Anak Kelurahan terutama di Kelurahan Bandengan. Menurut Maryoto, adanya forum ini dapat mempengaruhi dan memberikan dampak positif terhadap anak-anak yang ada di Kelurahan Bandengan. Sehingga, langkah ini dapat menekan angka kenakalan remaja di Kelurahan Bandengan dengan mengisi kegiatan positif di sela sela kegiatan sehari hari.

“Tahun 2019 ini merupakan tahun pertama di Kelurahan Bandengan akan dibentuk Forum anak. Adanya forum anak ini kedepan diharapkan anak anak dapat ikut serta berpartisipasi dalam kegiatan kelurahan,” kata Maryoto.

Ketua Fantatik Pekalongan,Najdan Achmada, menjelaskan Fantatik merupakan wadah partisipasi anak di Kota Pekalongan sebagai media untuk mendengarkan dan mengarahkan aspirasi, pendapat dan harapan mereka sehingga dapat berpartisipasi dalam proses pembangunan. Selain itu, forum ini bertujuan menjembatani anak dengan pemerintah sehingga keberadaannya tidak cukup hanya sampai ditingkat kota tapi harus sampai ke tingkat kelurahan.

“Alhamdulillah saat ini kami Fantatik mengadakan roadshow hampir di 27 kelurahan. Outputnya terbentuknya Forum Anak hingga di kelurahan. Kegiatan kami sangat banyak sekali nantinya selain sosialisasi hak-hak anak dan permasalahan anak, kami juga terlibat menyampaikan aspirasi dalam Musrenbang dan kegiatan pemda lainnya, pelatihan-pelatihan, sebagai agen 2P (Pelopor dan Pelapor), konselor sebaya dan sebagainya,” ungkap Mada.

Melalui roadshow dengan pendekatan konselor sebaya ini, Mada menilai cukup efektif karena anak-anak dapat menyampaikan permasalahan anak yang terjadi di kelurahan yang bersangkutan.

“Target terdekat kami setelah terbentuk Forum Anak kelurahan ini, kami akan mengadakan kegiatan dalam peringatan Hari Anak Nasional tanggal 23 Juli mendatang. Kegiatannya seperti apa masih dibahas dengan pembina. Mudah-mudahan setelah kepengurusan Forum Anak kelurahan terbentuk, mereka bisa meneruskan program Forum Anak dan terus mengaktifkan Forum Anak kelurahan untuk menyampaikan aspirasi mereka di wilayahnya masing-masing,” jelas Mada.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here