Tujuh KSTM Siap Kembangkan Agribisnis Ternak Ayam

0
241

pekalongankota.or.id, PEKALONGAN – Program Kelompok Santri Tani Millenial (KSTM) saat ini sedang digencarkan oleh Kementerian Pertanian (Kementan) karena menjadi langkah nyata dalam meningkatkan minat generasi muda terhadap dunia pertanian serta menghadirkan wirausahawan baru bidang pertanian.

Menanggapi hal tersebut Pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pertanian dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan menghubungkan tujuh KSTM di Kota Pekalongan untuk mengajukan usulan bisnis ternak ayam ke Kementan. KTSM dari beberapa pondok pesantren di Kota Pekalongan ini siap menumbuhkembangkan minat santri di bidang ternak ayam.

Hal ini disampaikan Kepala Dinperpa Kota Pekalongan, Ir Agus Jati Waluyo saat ditemui di Rumah Pemotongan Hewan (RPH) Panjang Wetan, Kecamatan Pekalongan Utara, Rabu (24/7/2019). Menurut Jati, peluang bisnis ternak ayam di Kota Pekalongan mulai dilirik kaum milenial. Bahkan bisnis tersebut merambah ke kalangan santri, selain belajar ilmu agama dan ilmu negara juga belajar ilmu hidup sebagai bekal untuk menjadi wirausaha usai mondok. “Pemerintah Kota Pekalongan tentu sangat mendukung peluang bisnis ternak melalui program KTSM ini dengan harapan dapat mendongkrak perekonomian di Kota Pekalongan,” tutur Jati.

Dijelaskan lebih lanjut Oleh Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Ilena Palupi SPt MSi, saat ini tujuh KSTM sedang menjalani pemberkasan untuk menerima program KSTM budidaya ternak ayam. “Masing-masing KSTM akan mendapatkan bantuan bibit ayam 500 ekor, biaya kandang, pakan dan obat obatan hewan” terang Ilena.

Diperkirakan program akan berjalan di bulan Agustus 2019. Dinperpa Kota Pekalongan sudah mempersiapkan pendampingan petugas teknis maupun pelatihan untuk para santri tersebut.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here