Antisipasi Adanya Hewan Qurban Tidak Layak, Dinperpa Lakukan Pemeriksaan Hewan

0
59

pekalongankota.or.id, PEKALONGAN – Guna mengantisipasi adanya hewan qurban yang tidak layak jelang Raya Idhul Adha tahun 2019, Dinas Pertanian Dan Pangan (Dinperpa) Kota Pekalongan melalui bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan melakukan pemeriksaan hewan ditempat penjualan hewan qurban yang ada di Kota Pekalongan.
  Pemeriksaan yang dimulai pada selasa, 31 juli hingga senin 6 Agustus mendatang ini sebagai upaya untuk mencegah penularan penyakit hewan yang beresiko pada saat moment idhul adha, karena begitu banyak hewan hewan yang didatangkan dari berbagai daerah yang harus diperiksa kesehatannya dan dicegah penularan penyakitnya agar tidak menular kepada manusia.

Untuk itu dalam hal ini Dinperpa Kota pekalongan menurunkan tim sebanyak 25 orang yang meliputi medis dan tenaga pelatih untuk memeriksa kesehatan hewan qurban. Demikian yang diungkapkan oleh kepala bidang Peternakan dan Kesehatan Hewan Ilena Palupi saat ikut melakukan pemeriksaan hewan pada selasa kemarin.
Selain itu, Dinperpa Kota pekalongan nantinya juga akan melakukan pemeriksaan ante mortem dan pemeriksaan post mortem di masjid/mushola yang ada di kota Pekalongan.

Sementara itu dipihak lain, pedagang hewan qurban menuturkan untuk harga hewan qurban menjelang idhul adha ini masih sama seperti tahun sebelumnya yaitu untuk kambing sekitar 2 jutaan, dan untuk sapi sekitar 17 jutaan , tergantung dari ukuran hewan.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here