10 Jenis Ikan Tawar yang Paling Sering Dikonsumsi di Indonesia

0
105

 Ikan menjadi salah satu bahan makanan yang bisa diolah menjadi berbagai masakan lezat dan menggugah selera. Ikan juga menjadi bahan makanan yang kaya nutrisi buat tubuh.

Bicara mengenai ikan, pada umumnya ada ikan air laut dan ikan air tawar. Untuk ikan air laut rasanya lebih gurih dan tekstur dagingnya lebih lembut. Sedangkan ikan air tawar, rasanya lebih khas bau tanah dan teskturnya lebih padat.

Baik ikan air laut maupun ikan air tawar sebenarnya memiliki banyak jenis atau ragam. Ada beberapa ikan yang enak dikonsumsi, dan ada pula ikan yang harus dihindari karena beracun. Kali inin Fimela punya sedikit daftar jenis ikan air tawar yang sering dikonsumsi di Indonesia.

Ikan Lele

Ikan lele merupakan ikan air tawar yang paling banyak ditemukan di sekitar kita. Ikan lele bisa diolah dengan cara digoreng atau dimasak mangut serta kuah santan. Selain dagingnya yang lembut dan enak, ikan lele juga terbilang murah.

Ikan Mujair

Ikan air tawar selanjutnyan ada ikan mujair. Ikan ini memiliki daging yang gurih dan lezat. Ikan gurame bisa dimasak goreng, kuah, sop bahkan dibakar.

Ikan Mas

Ikan mas merupakan ikan yang sering dikonsumsi. Ikan mas cocok dimasak gulai atau pepes. Ikan mas memiliki cukup banyak duri halus sehingga kita harus hati-hati saat mengonsumsinya.

Ikan Patin

Ikan patin merupakan ikan yang mirip dengan ikan lele. Ikan patin memiliki daging yang lembut dan gurih. Ikan ini kaya nutrisi dan cocok diberikan untuk orang dewasa maupun anak-anak.

Ikan Bawal

Ikan bawal juga merupakan ikan air tawar. Ikan ini berbentuk pilih dan lebar. Dagingnya cukup tebal dan rasanya gurih. Ikan bawal memiliki cukup banyak duri sehingga kita harus hati-hati saat mengonsumsinya.

Ikan Gurame

Ikan gurame merupakan ikan dengan kelezatan menggugah selera. Ikan ini umumnya cukup besar sehingga satu ekor ikan bisa dinikmati untuk 5 sampai 7 orang. Ikan gurame harganya cukup mahal. Ada banyak masakan yang bisa dibuat dengan bahan dasar ikan gurame.

Ikan Nila

Ikan air tawar selanjutnya ada ikan nila. Ikan nila mirip dengan ikan mujair. Ikan ini memiliki cita rasa khas yang enak. Pepes, ikan bakar atau ikan goreng cocok dibuat dengan bahan dasar ikan nila.

Ikan Gabus

Ikan gabus merupakan ikan dengan cita rasa daging lezat. Tekstur dagingnya sangat lembut dan gurih. Ikan ini memiliki harga cukup mahal dan biasanya dikonsumsi sebagai nutrisi untuk memulihkan luka.

Ikan Belut

Belut juga termasuk jenis ikan air tawar. Belut memiliki bentuk seperti ular namun dengan kulit licin seperti ikan lele atau patin. Belut memiliki rasa dan aroma yang khas.

Ikan Sidat

Ikan sidat mirip dengan belut. Ikan ini memiliki nilai jual tinggi. Rasa dan aroma daging ini sangat khas sehingga disukai banyak orang terutama orang luar negeri terkhusus Jepang.

Itulah beberapa jenis ikan air tawar yang banyak dikonsumsi di Indonesia. Selain ikan di atas, masih ada banyak jenis ikan air tawar. Dari sekian banyak jenis ikan yang ada, mana nih favoritmu?

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here