Cegah Kekeringan, Pemerintah Usahakan Distribusi Air Untuk Lahan Sawah di Kota Pekalongan

0
97

pekalongankota.or.id, PEKALONGAN – Memasuki musim kemarau, pemerintah Kota Pekalongan melalui Dinas Pertanian dan pangan Kota Pekalongan memberikan perhatian khusus terhadap potensi terjadinya kekeringan terhadap lahan pertanian produktif yang ada di Kota Pekalongan. salah satu upaya yang dilakukan adalah dengan memastikan distribusi air tetap merata dan bisa dinikmati oleh para petani yang berasal dari Bendungan Kupang,  Krompeng, Kecamatan Talun Kabupaten Pekalongan.

Menurut kepala seksi usaha tani, Murdiyanto, ada sebagian lahan persawahan sudah megalami kekeringan dan sudah cenderung retak – retak, sehingga kebutuhan air sangat mendesak untuk itu Dinas Pertanian dan Pangan Kota Pekalongan meminta air bendungan untuk dapat di alirkan meskipun debit air Bendungan Kupang Krompeng hanya 1300 meter kubik dengan sistem bergantian atau bergilir untuk mengairi persawahan yang ada di Kota Pekalongan, namun demikian berbagai permasalan muncul diantaranya kondisi jaringan irigasi yang rusak dan sampah yang menyumbat irigasi.

Selain kondisi irigasi yang rusak dan banyaknya sampah yang menghambat distribusi air, masih ada warga yang memanfaatkan air tersebut untuk tidak peruntukannya yaitu selain digunakan untuk pertanian dan peternakan.

Untuk dapat memperoleh jatah air petani melalui kelompok tani yang memanfaatkan air tersebut di harapkan untuk aktif dalam menggawal melunjurnya air dari bendungan ke masing-masing lahan sawahnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here