Berisiko Penyakit, Pria Dewasa Perlu Hindari Kebiasaan Ini

0
43

Info kesehatan: Ada kalanya kebiasaan yang dilakukan pria dewasa membawa dampak buruk bagi kesehatannya. Meski tampak sehat dari luar, nyatanya terdapat beberapa gangguan dalam tubuhnya.

Padangkita.com – Menjaga kesehatan sejatinya suatu keharusan bagi setiap orang. Tidak terkecuali untuk pria dewasa yang mestinya lebih peka soal kesehatan.

Meski begitu, sebuah penelitan dari Rumah Sakit Toronto, St Michael menemukan bahwa laki-laki 14 persen lebih mungkin menderita suatu penyakit ketimbang wanita.

Kemungkinan mereka menderita asma, diabetes, hipertensi, atau penyakit paru lebih besar. Hal itu disebabkan karena laki-laki lebih malas mencari perawatan ketika gejala sakit muncul daripada wanita.

Terlebih mereka memiliki kebiasaan yang sebenarnya meningkatkan risiko tubuhnya terserang berbagai penyakit.

Untuk itu, perlu kamu ketahui beberapa kebiasaan pria dewasa berikut yang harus dihindari.

Tidak melakukan pemeriksaan kesehatan

Sudah bukanrahasia umum lagi jika sebagian pria lebih memilih untuk tidak memeriksakan kesehatan mereka secara teratur atau melakukan pemeriksaan kesehatan kepada dokter saat masih sehat.

Biasanya hal itu karena mereka cenderung takut dan kebingungan soal apa yang harus dilakukan ketika mendapati hasil pemeriksaan yang menunjukkan adanya gangguan di dalam tubuhnya.

Merokok

Merokok sudah menjadi kebiasaan bagi sebagian besar pria dewasa. Padahal, rokok membawa dampak buruk bagi kesehatan bisa menyebabkan penuaan dini dan mengganggu reproduksi yang akan sangat mengganggu kehidupan mereka.

Memiliki sikap tertutup

Sikap tertutup dimiliki oleh sebagian pria dewasa dalam mengekspresikan emosi atau meminta bantuan dan dukungan.

Sebagai akibatnya, mereka akan cenderung mengalami risiko depresi hingga bisa mendorong untuk bunuh diri.

Biasanya depresi ini bisa datang dari berbagai kegiatan seperti pekerjaan, hubungan dengan pasangan, atau aktivitas lainnya.

Jika terus didiamkan saja, depresi juga bisa menyebabkan terjadinya risiko serangan jantung hingga stroke.

Sering mandi air panas

Dalam penelitian dari University of California, San Francisco disebutkan bahwa mandi dengan air panas tiga kali berturut-turut bisa menyebabkan gangguan kesuburan pada pria dewasa.

Hal itu karena sperma dapat berkembang dengan baik pada suhu udara yang normal atau sejuk.

Tak hanya mandi dengan air panas, memangku laptop dalam jangka waktu lama juga bisa menyebabkan gangguan kesuburan akibat radiasi dan hawa panas yang dihasilkannya.

Tidak menggosok gigi

Pria dewasa cenderung mengabaikan kebiasaan untuk menggosok gigi secara teratur. Padahal, menggosok adalah suatu hal yang wajib dilakukan setiap orang.

Hal itu dibuktikan dari hasil penelitian American Dental Association yang menunjukkan, hanya 66 persen pria yang menggosok gigi dua kali sehari dibandingkan dengan 86 persen wanita.

Jika pria tidak menggosok gigi secara teratur dan baik akan menyebabkan gangguan pada gusi, mereka akan terkena risiko penyakit jantung, disfungsi ereksi, dan demensia.

Tidak mencuci tangan

Menurut penelitian American Society for Microbiology Soap and Detergent Association, satu dari tiga pria tidak mencuci tangannya setelah keluar dari kamar mandi.

Padahal, tidak mencuci tangan setelah dari kamar mandi dapat menyebarkan kuman dan infeksi dengan cepat.

Bahkan penyebaran kuman itu tidak hanya pada dirinya sendiri, tetapi juga berimbas kepada orang lain.

Konsumsi makan makanan cepat saji

Pada kehidupan modern saat ini, padatnya aktivitas membuat beberapa pria memilih cara praktis dalam memilih makanan, seperti makanan cepat saji.

Perlu diketahui bahwa makanan cepat saji mengandung garam, lemak dan kalori dalam jumlah besar sehingga bisa menimbulkan gangguan kesehatan seperti diabetes dan dan jantung.

Meski begitu, beberapa pria masih tetap mengonsumsinya.

Padahal ada cara mudah untuk menghindari hal ini, yaitu dengan membawa bekal sehat dari rumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here