Bekali Anggota, Satpol PP Gelar Bimbingan dan Pelatihan Obvit

0
57

 pekalongankota.or.id, Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Pekalongan menggelar Bimbingan dan Pelatihan Personil Pengamanan Objek Vital (Pam Obvit) mulai 22-26 Juni 2020. Bimbingan dan pelatihan ini digelar agar personil Satpol PP yang bertugas di pengamanan obvit memiliki bekal lebih dalam bertugas baik kesiapsiagaan, kekuatan, dan ketahanan fisik.

Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Walikota Pekalongan, HM Saelany Machfudz SE saat upacara pembukaan di Lapangan Mataram Setda Kota Pekalongan, Senin (22/6/2020).

Menurut Walikota Saelany pembinaan dan pelatihan fisik ini dapat meningkatkan kinerja dan kedisiplinan anggota Satpol PP. Bertindak sebagai inspektur upacara Saelany menekankan tugas pokok Satpol PP sesuai dengan UU No 23 Tahun 2014. “Satpol PP memiliki tiga tugas pokok. Pertama, menegakkan perda dan perwal. Kedua, menyelenggarakan ketertiban umum. Ketiga, menunaikan perlindungan masyarakat,” sebut Saelany.

Disampaikan Saelany bahwa saat ini permasalahan ketertiban umum, kebersihan, dan keamanan di Kota Pekalongan semakin kompleks. Tentu ini menuntut personil Satpol PP agar cermat menegakkan perwal dan perda.  “Saat ini Perwal terkait ketertiban, kebersihan, dan sampah belum maksimal diterapkan. Tugas Satpol PP untuk mengawalnya,” tandas Saelany.

Begitu juga dengan penyelenggaraan ketertiban umum, Satpol PP haruslah melaksanakan deteksi dini, pembinaan dan penyuluhan, serta patrol. Ditambah lagi adanya pandemi Covid-19 dan penyakit masyarakat masih tumbuh. Satpol PP haruslah melakukan pengamanan dan pengawalan, penertiban, bahkan pengamanan unjuk rasa. “Mudah-mudahan Kota Pekalongan menjadi kota yang aman dan nyaman,” tutur Saelany.

Sementara itu, Kepala Satpol PP Kota Pekalongan, Dr Sri Budi Santoso MSi menambahkan, tugas Satpol PP lainnya yakni penyelenggaraan perlindungan masyarakat seperti linmas, layanan damkar, layanan penyelamanatan kondisi bahaya non kebakaran, dan membantu evakuasi bencana. “Bimbingan dan pelatihan yang akan dilaksanakan selama lima hari ini untuk meningkatkan mental, kekuatan fisik dan pikiran anggotanya agar lebih maksimal dalam bertugas,” terang SBS.

Disampaikan SBS bahwa kegiatan pembinaan pelatihan fisik dilakukan untuk meningkatkan kinerja dan kedisiplinan anggota Pos Obvit. Para anggota diberi pelatihan dari Kodim 0710 Pekalongan dan tim pelatih dari Satpol PP. “Anggota dilatih PBB, diberikan materi bela diri, pembinaan tupoksi pelaksanaan kinerja, serta kebijakan dan tata cara pelaksanaan tugas Satpol PP,” pungkas SBS.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here