Peranan Dinkominfo Beri Pelayanan Prima Hadapi New Normal

0
75

pekalongankota.or.id, Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pekalongan yang tergabung dalam Satuan Tugas (Satgas) Humas tim penanggulangan Covid-19 Kota Pekalongan mempunyai peranan dalam penerapan new normal atau kini disebut adaptasi kebiasaan baru, salah satunya yakni memberi sosialisasi dan menyebarluaskan informasi tentang antisipasi dari bahaya Covid-19 melalui media sosial, publikasi media online, siaran keliling (sirkel), baliho dan sebagainya.

Kepala Dinas Kominfo Kota Pekalongan,Yos Rosyidi,SIP,MSi mengungkapkan bahwa Dinas Kominfo Kota Pekalongan mendukung dan terus siaga sebagai bagian penting untuk sosialisasi New Normal ke masyarakat. Berbagai langkah telah dijalankan Dinas Kominfo Kota Pekalongan untuk memberikan pelayanan prima kepada masyarakat baik sebelum penerapan New Normal maupun sesudahnya dengan tetap mengedepankan protokol kesehatan yang telah ditetapkan dalam penyebarluasan informasi ke publik.

“Selama ini kami Dinas Kominfo Kota Pekalongan sudah melakukan percepatan informasi maupun sosialisasi tentang pencegahan dan penanganan pandemi Covid-19 kepada masyarakat diantaranya membuat website update data Covid-19 Kota Pekalongan melalui corona.pekalongankota.go.id, instagram dan twitter @pemkotpekalongan,” tutur Yos usai menerima kunjungan sidak Komisi A DPRD Kota Pekalongan di ruang kerjanya, Senin (22/6/2020).

Disamping itu, Yos menjelaskan Dinas Kominfo melibatkan LPPL Batik TV dan Radio Kota Batik serta media-media lain baik cetak,online yang ada di Kota Pekalongan untuk terus menggencarkan upaya pencegahan dan penularan Covid-19 di Kota Pekalongan seperti penerapan pentingnya disiplin mematuhi protokol kesehatan dan gerakan Perilaku Hidup Sehat Bersih (PHBS) serta pembuatan film persiapan menghadapi Era New Normal di berbagai tempat keramaian seperti pasar, mall, kampus, sekolah dan sebagainya.

“Meskipun New Normal sudah diberlakukan, namun kita semua tetap harus memperhatikan protokol kesehatan seperti wajib memakai masker, menjaga jarak aman, tak lupa juga yang paling penting menerapkan PHBS rutin mencuci tangan dengan sabun. Kami juga memasang baliho, poster, pamflet edukasi Covid-19 di beberapa sudut Kota Pekalongan agar masyarakat bisa mengetahui bersama-sama dan menerapkannya untuk memutus mata rantai Covid-19 di Kota Pekalongan,” terang Yos.

Ketua Komisi A DPRD Kota Pekalongan, Fauzi Umar Lahji menyampaikan bahwa kunjungan Komisi A DPRD hari ini yakni dalam rangka memonitoring pelayanan publik selama pelaksanaan New Normal di beberapa OPD terkait di Dinas Kominfo, Satpol PP, Kantor Imigrasi DPMPTSP, dan LPPL Radio Kota Batik.

“Dalam pelaksanaan New Normal ini kami meminta supaya Dinas terkait harus siap mendukung pelaksanaan New Normal dengan tetap memperhatikan protokol kesehatan dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat. Seperti halnya, di Dinas Kominfo ini yang tidak bosan-bosannya terjun ke masyarakat langsung untuk menyebarluaskan informasi ke media-media lain dan masyarakat seperti apa yang harus dilakukan masyarakat dalam menghadapi Era New Normal di tengah wabah Covid-19 ini,” papar Fauzi.

Ditegaskan Fauzi,meskipun kondisi kasus Covid-19 di Kota Pekalongan saat ini telah memasuki zona kuning cenderung hijau, kesadaran masyarakat akan mematuhi protokol kesehatan tetap harus ditingkatkan agar Kota Pekalongan bisa benar-benar bebas dari kasus Covid-19.

“Terlepas dari sistem penataan masyarakat yang memang masyarakatnya masih lumayan susah untuk diajak sadar karena kebutuhan ekonomi dan sebagainya, Kominfo harus rajin dan tidak boleh bosan untuk terjun ke masyarakat melalui penyebarluasan informasi ke media-media baik melalui media online, cetak, baliho, dan sebagainya. Kami sifatnya belum bisa memberikan rekomendasi, intinya lebih giat dan baik lagi ke depannya,baliho-baliho yang sudah rusak dan usang bisa diganti, kegiatan-kegiatan di media ditambah volumenya karena sudah New Normal dan tidak adanya Work From Home (WFH) lagi,” tandas Fauzi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here