KPU Paparkan Rencana untuk Sukseskan Pemilu

0
37

pekalongankota.or.id, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Pekalongan tengah mempersiapkan beberapa agenda untuk mensukseskan Pilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang bakal digelar 9 Desember 2020. KPU memaparkan beberapa agenda yang harus dilakukan secara masif, atraktif, dan informatif.

Hal ini disampaikan Kepala KPU Kota Pekalongan, Rahmi Rosyada saat ditemui di kantornya di Jalan Sriwijaya No 17 Medono, Kecamatan Pekalongan Barat, Selasa (14/7/2020). Rahmi mengajak masyarakat untuk mengunjungi laman website KPU RI lindungihakpilihmu.go.id yang bisa dibuka mulai Rabu (15/7/2020).

“Laman website ini merupakan bentuk kreasi KPU RI yang berisi challenge yang dapat diikuti oleh seluruh masyarakat Kota Pekalongan. Besok kita akan melaksanakan klik serentak,” terang Rahmi.

Disampaikan Rahmi bahwa mulai besok, kali pertama Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (PPDP) mulai menjalankan tugasnya. Rencananya akan diadakan pelantikan untuk PPDP di 27 kelurahan malam nanti, setelah sebelumnya dilakukan Bimbingan Teknik (Bimtek) Minggu malam (12/7/2020). “Ini instruksinya memang sedikit mendadak, sehingga sebagai bentuk koordinasi kita juga akan tetap melaksanakan pelantikan tersebut nanti malam di 27 kelurahan. Masing-masing Ketua PPS akan melantik, kita akan berikan surat mandat untuk melaksanakan kegiatan tersebut,” papar Rahmi.

Selanjutnya Rahmi menuturkan, KPU Kota Pekalongan tengah merencanakan pencocokan dan penelitian (coklit) serentak tanggal 18/7/2020, diawali dengan apel kesiapan PPDP. Ketua PPS akan menjadi pemimpin apel sebagai simbolis turun lapangan, didampingi KPU dan PPK. Selain itu telah dipetakan tokoh-tokoh masyarakat di antaranya Walikota, Wakil Walikota, Ketua DPRD, Sekda, Jajaran Pimpinan DPRD, Ketua Partai, seta Tokoh Agama yang akan didatangkan. 

Sesuai dengan syarat Peraturan Komisi Pemilihan Umum (PKPU) tahun 2020 tentang pelaksanaan tahapan pilkada lanjutan serentak di masa pandemi. Maka diharuskan untuk memakai Alat Perlindungan Diri (APD) minimal masker, dibekali penyediaan hand sanitizer, serta face shield bagi PPDP yang bertugas. 

“Kita akan tetap memperhatikan protokol Covid-19 dan koordinasi secara intens dengan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 di Kota Pekalongan. Kami akan melaksanaan kegiatan tersebut dengan memperhatikan protokol kesehatan di antaranya dengan memakai APD sesuai yang disarankan PKPU Tahun 2020,” pungkas Rahmi.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here