Pemkot Optimis Pelabuhan Onshore Bakal Dibangun

0
52

pekalongankota.or.id, Pemerintah Kota Pekalongan mengaku optimis bahwa Pelabuhan Onshore Kota Pekalongan bakal segera dibangun. Pembangunan pelabuhan ini dilakukan sebagai upaya memajukan bidang perikanan sekaligus meningkatkan produksi perikanan yang ada di kota yang terkenal akan Batik nya tersebut. Demikian disampaikan Walikota Pekalongan,HM Saelany Machfudz, SE saat dikonfirmasi di ruang kerjanya, Rabu (22/7/2020).

“Sebelumnya kami telah menyampaikan ajuan melalui audiensi secara langsung dengan Menteri Kelautan dan Perikanan RI, Edhy Prabowo di Kantor Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) Jakarta dua hari yang lalu,” terang Saelany. 

Disampaikan Saelany, dari hasil audiensi kemarin, rencana pembangunan Pelabuhan Onshore pun mendapatkan respon yang baik dari Menteri KKP RI, sehingga nantinya pelabuhan tersebut akan benar-benar diwujudkan melalui jalinan sinergitas antara Kementerian PUPR dan KKP RI. Menurut Saelany, di pihak Kemen-PUPR di dalam pembangunan Pelabuhan Onshore,memiliki kewenangan untuk membangun lengkap dengan sarana penataan pompa air, tanggul dan parapet.

“Jadi nanti ratusan kapal akan keluar semuanya jika sudah akan dibangun, yang selama ini kapal-kapal tersebut mempersulit aliran airnya , kondisi pendangkalan sudah luar biasa, dan tentu merusak lingkungan. Bahkan  kami berharap setelah Pembangunan Pelabuhan Onshore ini direalisasikan selain bisa mengembalikan Kota Pekalongan sebagai Kota Minapolitan sekaligus sebagai upaya penanganan banjir rob di Kota Pekalongan, mengingat salah satu penyebabnya adalah karena banyaknya kapal yang parkir sembarangan di muara pantai Kota Pekalongan,”pungkas Saelany.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here